omG8HI9LSKFW6lhCj8prTs0Z6lUhdOT9Jhi1Sf4m

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

  • Analisis Mesh
    Analisis mesh menyediakan metode lain untuk menganalisa rangkaian listrik menggunakan arus mesh se…
  • Teori Rangkaian DC
    Rangkaian dc dialiri oleh sumber listrik dc, seperti baterai yang terhubung dengan kabel konduktor…
  • Analisis Supernode
    Pada postingan sebelumnya tentang analisis node , kita mempelajari tentang analisis node tanpa su…

Mengenai Saya

Transformasi Sumber

Kita telah menyadari bahwa kombinasi koneksi seri-paralel dan transformasi wye-delta membantu dalam menyederhanakan rangkaian. Transformasi sumber adalah metode lain untuk menyederhanakan rangkaian. Hal dasar tentang metode ini adalah ekuivalensi. Kita ingat bahwa rangkaian ekuivalen adalah rangkaian yang memiliki karakteristik v-i yang identik dengan rangkaian asalnya.

Teorema analisis rangkaian listrik terdiri dari :
  1. Teorema Superposisi
  2. Teorema Transformasi Sumber
  3. Teorema Thevenin
  4. Teorema Norton
  5. Teorema Transfer Daya Maksimum
Transformasi Sumber

Transformasi Sumber

Pada postingan sebelumnya tentang persamaan tegangan node dan arus mesh dapat diperoleh dari melakukan inspeksi suatu rangkaian dimana semua sumbernya merupakan sumber arus bebas atau sumber tegangan bebas. Karena itu, hal yang menguntungkan jika kita mampu melakukan substitusi sebuah sumber tegangan terhubung seri dengan resistor menjadi sebuah sumber arus terhubung paralel dengan resistor, atau kebalikannya, seperti pada Gambar.(1). Kedua substitusi dikenal dengan transformasi sumber.
transformasi sumber tegangan
Gambar 1. Transformasi sumber
Transformasi sumber adalah proses mengganti sumber tegangan vs terhubung seri dengan sebuah resistor R menjadi sumber arus is terhubung paralel dengan sebuah resistor R, atau kebalikannya.
Dua rangkaian di Gambar.(1) adalah ekuivalen - dibuktikan dengan hubungan tegangan-arus yang sama pada terminal a-b. Hal yang mudah untuk menunjukkan bahwa keduanya ekuivalen. Jika sumber dimatikan, resistansi ekuivalen pada terminal a-b pada masing-masing rangkaian adalah R. Dan juga, jika sumber dibuat short circuit, arus short circuit dari a ke b adalah isc = vs/R pada rangkaian di sisi kiri dan isc = is pada rangkaian di sisi kanan. Jadi vs/R = is merupakan syarat keduanya ekuivalen. Karena itu, transformasi sumber membutuhkan,
transformasi sumber tegangan
(1)
Transformasi sumber juga berlaku pada sumber tak bebas, asalkan kita dapat mengatasi variabel tak bebas secara tepat. Seperti pada Gambar.(2), sumber tegangan tak bebas terhubung seri dengan resistor dapat ditransformasi menjadi sumber arus tak bebas terhubung paralel dengan resistor atau kebalikannya.
transformasi sumber tegangan
Gambar 2
Seperti transformasi wye-delta yang telah kita pelajari, transformasi sumber tidak mempengaruhi bagian lain dari suatu rangkaian. Ketika diterapkan, transformasi sumber merupakan metode yang ampuh untuk memanipulasi rangkaian untuk dapat disederhanakan. Bagaimanapun, kita harus mengingat beberapa hal berikut :
  1. Perhatikan Gambar.(1) atau Gambar.(2) bahwa tanda panah pada sumber arus mengarah ke terminal positif dari sumber tegangan.
  2. Dari Persamaan.(1) bahwa transformasi sumber mustahil digunakan jika R = 0, dimana termasuk kasus sumber tegangan ideal. Mengubah sumber arus ideal dengan R = ∞ tidak dapat diganti dengan sumber tegangan terbatas.

Contoh Soal Transformasi Sumber

Untuk mempermudah pemahaman, mari kita simak contoh di bawah :
1.Gunakan transformasi sumber untuk menemukan vo pada rangkaian di Gambar.(3)
transformasi sumber tegangan
Gambar 3
Solusi :
Pertama, kita ubah sumber arus dan tegangan untuk mendapatkan rangkaian di Gambar.(4a). Menggabungkan 4 Ω dan 2 Ω terhubung seri dan mengubah sumber tegangan 12 V menghasilkan Gambar.(4b). Sekarang kita menggabungkan 3 Ω dan 6 Ω terhubung paralel menjadi 2 Ω. Kita juga menggabungkan sumber arus 2 A dan 4 A untuk memperoleh sumber 2 A. Jadi, melalui aplikasi transformasi sumber kita peroleh rangkaian di Gambar.(4c).
transformasi sumber tegangan
Gambar 4
Kita gunakan pembagian arus di Gambar.(4c) untuk mendapatkan
transformasi sumber tegangan
dan
transformasi sumber tegangan
Secara alternatif, karena 8 Ω dan 2 Ω pada Gambar.(4c) terhubung paralel, maka mereka memiliki nilai tegangan vo yang sama. Jadi,
transformasi sumber tegangan

2.Temukan vx di Gambar.(5) menggunakan transformasi sumber.
transformasi sumber tegangan
Gambar 5
Solusi :
Rangkaian di Gambar.(5) melibatkan sumber arus tak bebas terkontrol tegangan (VCCS). Kita mengubah sumber arus tak bebas ini dan juga sumber arus bebas 6 V seperti pada Gambar.(6a). Sumber tegangan 18 V tidak diubah karena tidak terhubung seri dengan resistor apapun. Dua resistor 2 Ω terhubung paralel digabungkan menjadi 1 Ω, yang terhubung paralel dengan sumber arus 3 A.
transformasi sumber tegangan
Gambar 6
Sumber arus berubah menjadi sumber tegangan seperti pada Gambar.(6b). Menerapkan KVL pada loop di Gambar.(6b) menjadi
transformasi sumber tegangan
(2.1)
Aplikasi KVL pada loop yang terdapat sumber tegangan 3 V, 1 Ω, dan vx menjadi
transformasi sumber tegangan
(2.2)
Substitusikan dengan (2.1) menjadi
transformasi sumber tegangan
Jadi, vx = 3 - i = 7.5 V.

For English and better explanation read Source Transformation
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Language